Selasa, 26 Mei 2009

Tiga Titik Gas Metana Batubara di Kaltim

BALIKPAPAN - Pemerintah terus berusaha meningkatkan produksi Minyak dan Gas Bumi Nasional, di antaranya adalah dengan cara kegiatan survei maupun joint study di daerah terbuka melalui kontrak kerja sama wilayah kerja Gas Metana Batubara (GMB) atau Coal bed Methane (CBM).
Kepala Perwakilan BP Migas wilayah Kalimantan Sulawesi, Agus Suryono mengatakan dari kerja sama GMB oleh pemerintah pusat dan investor, Provinsi Kaltim mendapat tiga titik GMB yang akan disurvei.
Satu kontrak kerja sama GMB hasil penawaran langsung tahap I tahun 2008, berada di wilayah kerja South East Sangatta dengan kontraktor konsorsium PT Kutai Timur Resources – Salamander Energy (SE Sangatta) Ltd.
Dua lainnya dari kontrak kerja sama hasil lelang tahun 2007/2008. Yakni wilayah kerja GMB Kutai oleh Konsorsium Kutai West CBM Inc – Newton Energy Capital Limited dan GMB Sangatta I oleh Konsorsium PT Pertamina Hulu Energi Metana Kalimantan A – Sangatta West CBM Inc.
"Dalam kerja sama hasil lelang tahun 2007/2008, terdapat empat wilayah kerja lain yang masuk dalam wilayah kerja BP Migas Kalimantan Sulawesi. Yakni GMB Barito Banjar I oleh PT Indobarambai Gas Methan dan GMB Barito Banjar II oleh PT. Barito Basin Gas. Jadi dua titik di Kaltim, dua lainnya di Kalsel," kata Agus saat ditemui Tribun, Senin (17/11).
Lebih jauh, komitmen pasti eksplorasi WK GMB dari keempat perusahaan tersebut untuk tiga tahun pertama masa eksplorasi, berupa Study G&G sebesar 650.000 dolar AS, 13 pemboran sumur eksplorasi sebesar 11,129 juta dolar AS ditambah 14 coring sebesar 3,638 juta dolar AS serta Pilot Project Phase I (dewatering dan production test) sebesar 900.000 doalr AS.
Sehingga total investasi yang ditanamkan untuk GMB ini, sebesar 16,31 juta dolar AS. Sedangkan bonus tandatangan (Signature Bonus) yang akan diterima langsung oleh Pemerintah adalah sebesar 4 juta dolar AS.
"Perlakuannya sama seperti kegiatan migas. Ada komitmen dalam tiga tahun, baru seismik dan pengeboran. Sehingga untuk mengetahui besaran cadangan GMB di dalamnya baru, harus menunggu tiga tahun lagi," ujar Agus.

Gas Metana Batubara di Kaltim
Wilayah Kerja Kontraktor
- South East Sangatta : PT Kutai Timur Resources – Salamander Energy (SE Sangatta) Ltd.
- GMB Kutai : Kutai West CBM Inc – Newton Energy Capital Ltd.
- GMB Sangatta I : PT PHE Metana Kalimantan A – Sangatta West CBM Inc.
Sumber : Tribun Kaltim - 18 November 2008

3 komentar:

  1. sebenarnya bukan berkomentar, tapi ingin bertanya
    sebagai hasil dari eksplorasi tsb
    ada standar dari potensi yg diukur tidak?
    saya pernah baca potensi cbm di indonesia yg dipublikasi bp migas,penentuan rank "high/moderate/low" tersebut berdasarkan apa?
    thanx for the answer..

    BalasHapus
  2. di blok kutai aku tau titiknya ada dimana.

    BalasHapus
  3. “A leader in well testing and early production facilities for the oil & gas industry”

    As a group company with world-class capabilities in well testing and fluid, our top priority is to offer the best service for business-based energy and resources in Indonesia. Dwipa Group was established as a company providing Non Destructive Testing for the oil and gas industry. We believe that through commitment, determination and passion for growth, opportunities are endless.
    dwipagroup.co.id

    BalasHapus