Selasa, 26 Mei 2009

Gas Metana Batubara Dijual Tahun 2009

Palembang - Hasil produksi gas metana batubara (Coal Bed Methana) atau CBM, yang diproduksi Lemigas dan Medco siap dijual 2009. Rencananya hasil produksi CBM ini akan dipasarkan untuk industri disekitar Sumatra Selatan termasuk Pusri dan PLN.
Hal ini disampaikan oleh Kepala Lembaga Minyak dan Gas (Lemigas) Hadi Purnomo dalam acara peninjauan sumur CBM di Kabupaten Muara Enim, di sumur Rambutan, Sumatra Selatan, Rabu (30/4/2008)."Paling tidak tahun 2009 hasil produksi bisa mulai ditawarkan khususnya untuk industri di sekitar sini," ujar Hadi. Untuk tahap awal, volume gas yang akan dijual sebesar 1 juta kaki kubik per hari.
"Yang paling memungkinkan gasnya dialiri ke pabrik Pusri, karena pipa gas milik Medco ada yang sudah terhubung dengan pipa gas Pusri," tambahnya.
Meskipun untuk memasok kebutuhan gas bagi Pupuk Sriwidjaya (Pusri) khususnya, lanjut Hadi, memerlukan kapasitas yang lebih besar, paling tidak ia mengharapkan gas CBM yang di produksi di sumur Rambutan bisa diserap oleh PLN dan industri sekitar.
Ia menambahkan, sumur gas metana batubara yang dikembangkan Medco dan Lemigas mampu digenjot produksinya selama kurang lebih 13,7 tahun dengan volume konstan, atau tidak seperti produksi sumur gas bumi konvensional yang cenderung mengalami penurunan setiap tahun.
"Volume produksinya akan terus flat selama 13,7 tahun di kisaran 200 ribu kaki kubik per hari," kiranya.Sayangnya pihak Medco atau Lemigas masih enggan mengemukan harga gas metana ini pada saat di pasarkan nantinya. Namun bila berpatokan pada estimasi awal proyek ini, harganya diperkirakan mencapai US$ 3,5 per MMBTU.
"Awal perkiraan kami sejak proyek ini dimulai pada 2003 lalu, harga gas CBM dari lapangan ini berkisar US$ 3,5 per mmbtu," imbuhnya.
Sumber: Detik Finance - 30 April 2008

2 komentar:

  1. Mas Dira,

    Punya koordinat2 CBM yang sudah diaward gak???..terutama di area kalimantan..kalau ada minta dikirimkan ke ucup_tm@yahoo.com

    Thanks,

    Yusuf

    BalasHapus
  2. “A leader in well testing and early production facilities for the oil & gas industry”

    As a group company with world-class capabilities in well testing and fluid, our top priority is to offer the best service for business-based energy and resources in Indonesia. Dwipa Group was established as a company providing Non Destructive Testing for the oil and gas industry. We believe that through commitment, determination and passion for growth, opportunities are endless.
    dwipagroup.co.id

    BalasHapus