Rabu, 27 Mei 2009

EMP Raih 2 Kontrak Gas Metana Batubara di Kalimantan

Selasa, 05/05/2009 18:10 WIB
Alih Istik Wahyuni - detikFinance
Jakarta - PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) mendapat kontrak pengembangan blok Gas Metana Batubara (GMB) di Kalimantan. Kedua kontrak tersebut diperoleh ENRG melalui dua akan usahanya, yaitu PT Artha Widya Persada dan PT Visi Multi Artha.
ENRG memiliki 70% kepemilikan di PT Artha Widya Persada yang memiliki 100% kuasa pertambangan di Blok GMB Tabulako di Kalimantan Selatan. Selain itu ENRG juga memiliki 70% saham di PT Visi Multi Artha yang pada saat ini memiliki 60% kuasa pertambangan di Blok GMB Sangatta-2 di Kalimantan Timur. Sementara PT Pertamina Hulu Energi Metana Kalimantan B memiliki 40% kuasa pertambangan lainnya.
Sisa saham pada PT Artha Widya Persada dan PT Visi Multi Artha di miliki oleh PT Bumi Resources Tbk (BUMI).
Bonus tanda tangan yang diberikan ke pemerintah adalah sebesar US$ 1,5 juta untuk blok GBM Sangatta-2 dan US$ 1 juta untuk blok GMB Tabulako.
"ENRG dan BUMI berkomitmen untuk melakukan kegiatan eksplorasi dan pengembangan pada blok-blok tersebut selama 6 tahun. Kedua kontrak tersebut berlaku selama 30 tahun sejak tanggal efektif kontrak," demikian disampaikan Presiden Direktur ENRG Christian V. Ponto dalam siaran pers yang diterima detikFinance, Selasa (5/5/2009).
Berdasarkan estimasi awal secara internal, Blok GMB Tabulako dan Blok GMB Sangatta-2 memiliki kombinasi sumber daya gas sebesar lebih dari 1.5 trilyun kaki kubik gas.
Gas Metana Batubara (GMB) adalah gas alam yang terkandung dalam batubara, dengan kandungan primernya berupa metana (CH4). Bersama mitra-mitranya, ENRG mengharapkan agar konsesi-konsesi ini dapat berdampak positif pada kinerja operasional dan finansial secara terkonsolidasi di masa mendatang.
"ENRG akan tetap fokus pada portfolionya di sektor hulu energi, dan kontrak baru di bidang Gas Metana Batubara ini akan mendiversifikasikan aktifitas bisnis perusahaan secara positif di dalam kegiatan hulu di sektor energi di Indonesia," katanya.

1 komentar:

  1. “A leader in well testing and early production facilities for the oil & gas industry”

    As a group company with world-class capabilities in well testing and fluid, our top priority is to offer the best service for business-based energy and resources in Indonesia. Dwipa Group was established as a company providing Non Destructive Testing for the oil and gas industry. We believe that through commitment, determination and passion for growth, opportunities are endless.
    dwipagroup.co.id

    BalasHapus