Selasa, 26 Mei 2009

6 Kontrak Gas Metana Batubara Diteken Mei 2009

JAKARTA - Enam kontrak kerja sama wilayah kerja gas metana batu bara (coal bed methane/CBM) akan ditandatangani pada Mei mendatang.
"Selain bagi hasil, kami juga sedang membahas insentif lain berupa keringanan pajak," ujar Dirjen Migas Evita Legowo, dalam acara The 2nd CBM World di Hotel Mulia, seperti dikutip dari situs resmi Ditjen Migas, di Jakata, Selasa (10/3/2009).
Untuk itu, lanjut Evita, untuk mendorong pengembangan CBM, pemerintah telah menyiapkan sejumlah insentif. Antara lain dengan memberikan bagi hasil yang menarik bagi investor yaitu 55 persen untuk pemerintah dan 45 persen untuk investor.
Dengan demikian, bagi hasil tersebut merupakan yang terbesar jika dibandingkan dengan bagi hasil di migas. Untuk minyak, bagi hasilnya adalah 85 untuk pemerintah dan 15 persen untuk investor. Sedangkan untuk gas, 70 persen untuk pemerintah dan 30 persen untuk investor.
Untuk 2009, pemerintah merencanakan untuk dilakukan penandatangan 14 kontrak CBM. Hingga saat ini 7 wilayah kerja CBM telah ditandatangi yaitu blok GMB Sekayu, Blok GMB Indragiri Hulu, Blok GMB Barito Banjar II, Blok GMB Bentian Besar), Blok GMB Sangatta I dan Blok GMB Kutai*).
Sebanyak 54 investor telah mengajukan permintaan untuk mengembangakn CBM. Dari jumlah tersebut, hanya 33 proposal yang memenuhi persyaratan.
Penawaran WK CBM dilakkan melalui penawaran langsung (direct offer) dan lelang (tender). Karena berbagai kendala, baru sistem penawaran langsung yang digunakan untuk CBM. NAmun diharapkan, pada akhir 2009, penawaran WK melalui lelang dapat dilakukan. (rhs)
Note: *) Dua blok berada di Sumatra, lima di Kalimantan. Per awal Mei 2009, Blok GMB Sangatta II (40% PHE dan 60% EMP Group) dan Blok GMB Tabulako (100% EMP Group) sudah ditandatangani.
Sumber : Okezone - 10 Maret 2009

1 komentar:

  1. “A leader in well testing and early production facilities for the oil & gas industry”

    As a group company with world-class capabilities in well testing and fluid, our top priority is to offer the best service for business-based energy and resources in Indonesia. Dwipa Group was established as a company providing Non Destructive Testing for the oil and gas industry. We believe that through commitment, determination and passion for growth, opportunities are endless.
    dwipagroup.co.id

    BalasHapus